Tugas 2 Sistem Informasi Psikologi

Standar

1.Jelaskan pengertian sistem informasi berbasis komputer dari berbagai sumber. Minimal 3 sumber!
Jawab:
Sistem berbasis komputer adalah sistem yang komponen-komponennya atau subsistem-subsistemnya terdiri dari orang, perangkat keras (hardware) komputer, perangkat lunak (software) komputer, basis data, prosedur, dan dokumentasi. Keenam komponen tersebut merupakan dasar pembentuk sistem berbasis komputer, dan komponen ke-3, ke-4, ke-5, dan ke-6 tersebut merupakan hasil aktifitas rekayasa perangkat lunak (software engineering).
Sistem informasi berbasis komputer adalah sebuah sistem informasi yang menggunakan komputer dan teknologi telekomunikasi untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan.
Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi.

2.Jelaskan macam-macam sistem informasi berbasis komputer di bawah ini:
a.Fokus data (SIA / EDP)
Jawab: Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan pengolahan data yang tinggi. Pengolahan data merupakan manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya. Tujuan pengolahan data adalah untuk mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai didalam maupun diluar perusahaan.
b.Fokus informasi (SIM)
Jawab: SIM (Sistem Informasi Manajemen) merupakan sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond McLeod). Integrasi manusia/mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen&pengambilan keputusan pada suatu organisasi (Gordon B. Davis). Tujuan SIM adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit oganisasional perusahaan.
c.Fokus pada sistem pendukung keputusan (SPK)
Jawab: SPK (Sistem Penunjang Keputusan) merupakan sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan&memanfaatkan data&model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur. Tujuan SPK adalah memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur, memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi antar tingkat, meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan dan bukan peningkatan efisiennya.
d.Fokus pada komunikasi (otomatisasi kantor)
Jawab: Otomatisasi Perkantoran (Office Automation atau OA) merupakan semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informal pada orang lain dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. Otomatisasi Perkantoran berfungsi untuk memudahkan jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan & menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
e.Fokus pada konsultas (sistem pakar)
Jawab: Sistem pakar merupakan program komputer yang berfungsi seperti manusia yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.

3.Jelaskan apa yang dimaksud:
a.Pemrosesan batch
Jawab: Pengolahan batch mencakup pengumpulan semua transaksi dan pemrosesan sekaligus, dalam batch. Yang menentukan jenis pemrosesan adalah jenis aplikasi perusahaan. Jika pemrosesan tidak perlu dilakukan ketika terjadi transaksi, pengolahan batch dapat digunakan. Sistem gaji adalah contoh aplikasi pengolahan batch. Kelemahan utama pengolahan batch adalah kenyataan bahwa file baru menjadi mutakhir setelah dilakukan siklus harian. Ini berarti manajemen tidak selalu memiliki informasi paling mutakhir yang menggambarkan sistem fisik.
b.Pemrosesan online
Jawab: Pengolahan online mencakup pengolahan transaksi satu persatu, kadang pada saat transaksi itu terjadi transaksi lain. Karena pengolahan online berorientasi transaksi, istilah pemrosesan transaksi sering digunakan. Pengolahan online dikembangkan untuk mengatasi masalah file yang ketinggalan jaman
c.Sistem real time
Jawab: Istilah realtime sering digunakan berhubungan dengan sistem komputer. Sistem realtime adalah suatu sistem yang mengendalikan sistem fisik. Sistem ini mengharuskan komputer merespons dengan cepat
pada status sistem fisik. Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris “computer data storage” sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu atau juga bisa disebut dengan konseptual untuk menentukan operasi dari sistemnya real time terbagi dua jenis yaitu:
1)Perangkat keras
Sistem akan gagal apabila melewati batasnya. Contohnya adalah control pesawat terbang.
2)Perangkat lunak
Kinerja itu turun apabila melewti batasnya, Contohnya adalah pesanan tiket.

4.Apa yang maksud dengan database!
Jawab: Database adalah koleksi data item yang saling terkait terkelola sebagai satu unit. Istilah “database” juga digunakan di dunia perpustakan untuk menjelaskan sekumpulan informasi yang biasanya tersimpan dan dapat diakses di perpustakaan.

Sumber:

Klik untuk mengakses BAB-8-SI-Berbasis-Komputer.pdf


Klik untuk mengakses Chapter%20II.pdf


Klik untuk mengakses Chapter%20II.pdf


Klik untuk mengakses databasefundamental.pdf


Klik untuk mengakses konsep-sistem-informasi-6.pdf


ayu_ws.staff.gunadarma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s